Sabtu, 03 Juli 2010

Manajemen Pemasaran Produk Honda dan Service Pada Bengkel Ahass

Manajemen Pemasaran Produk Honda
Honda adalah merek dari suatu produk dibidang otomotif yakni motor. Honda ini sendiri adalah salah satu merek yang sudah lama berkembang dalam dunia otomotif di dunia, terutama di Indonesia sendiri dan Honda telah dipercaya serta di akui oleh masyarakat di Indonesia, dapat di lihat dari penjualanya, dari tahun ke tahun honda selalu dapat melampui merek lainya. Faktanya adalah tingkat penjualan di seleuruh Indonesia dapat mencapai 100.000 unit/tahun, bahkan dapat melebihi angka tersebut. Dalam Manajemen Pemasaran terdapat istilah SWOT yang merupakan kepanajangan dari: Strength, Weakness, Opportunity, treade. Untuk Honda itu sendiri kenapa, sampai pada akhirnya produk ini memiliki daya jual yang sangat tinggi terhadap para pesaingnya yang lain, karena Honda dapat menciptakan suatu rancangan yang handal dan sebanding dengan teknologi yang mereka ciptakan. Sehingga sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen atau masyarakat INdonesia pada umumnya dibandingkan dengan para pesaingnya. Disamping itu pula tanpa disadari bahwa para pesaingnya berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas produknya yang menyebabkan timbulnya tingkat kebosanan para konsumenya. Karena honda tidak berusaha menyesuaikan dengan selera konsumen itu sendiri,hingga terlihat suatu kelemahan atau kekurangan pada produknya. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh para pesaingnya, Untuk berusaha menandingi produk Honda tersebut. serta dapat menjadi sebuah ancaman untuk honda dalam mempertahankan eksistensinya untuk terus dapat menugusai produksinya. Jika hal ini tak disadari oleh Honda dan tim perancangnya maka bukan tidak mungkin para konsumen dalam bidang otomotif lebih memilih produk-produk dari para pesaingnya.
Manajemen pemasaran pelayanan atau jasa bengkel resmi honda AHASS
Layanan adalah kegiatan yang di arahkan untuk memastikan bahwa produk ditangani atau diperbaiki untuk memperoleh kemampuan maksimal.
Pelanggan yang merasa puas biasanyan akan menceritakan kepuasannya tersebut kepada pelanggan yang lain, sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari kondisi itu, yaitu mendapatkan pelanggan yang loyal yang sekaligus membantu promosi perusahaan. Sebaliknya, jika pelanggan merasa tidak puas, maka pelanggan akan menceritakan pengalamannya yang mengecewakan tersebut kepada orang lain, sehingga memperburuk citra dan eksistensi perusahaan. Hal ini berlaku juga pada jasa bengkel resmi honda ini.
Pada dasarnya untuk menarik perhatian pelanggan,pihak perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran untuk memuaskan para pelanggan, antara lain dengan memberikan pelayanan yang hangat dari para pegawai bengkel tersebut. Pelayanan yang ramah, selalu dengan senyuman adalah salah satu cara untuk membuat pelanggan merasa nyaman da puas.
Melakukan strategi berupa potongan harga untuk layanan service motor ataupun cuci motor, kartu langganan yang nantinya akan mendapatkan discount khusus bagi pelanggan yang memilikikartu tersebut. Setiap pelanggan yang melakukan service mendapat kupon gratis yang bisa ditukar dengan softdrink. Dan setiap melakukan service selama beberapa kali dengan jumlah yang sudah ditentukan pelanggan juga mendapatkan satu kali service gratis.
Selain pelayanan seperti itu, pelayanan yang tidak secara langsung dilakukan oleh pihak bengkel Ahass sendiri ini pun sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Misalnya letak geografis bengkel yang sangat strategis. Seperti yang telah dialami oleh Bengkel Ahass yang terletak di Jl Merdeka yang memang mempunyai letak strategis yakni tempatnya yang berdekatan dengan Gramedia, BEC dan BEP. Bengkel yang mempunyai pelayanan yang baik, bengkel ini juga membuat pelanggannya tidak harus menunggu motor yang di service berlama – lama dibengkel, namun pelanggan bisa memanfaatkan waktu service untuk mencari kebutuhan lain.
Selain mendapatkan pelayanan yang baik dan memuaskan,mendapat hasil service yang maksimal, kita juga bisa memanfaatkan waktu menunggu kita dengan pergi ke Gramedia atau BEC maupun ke BEP.

2 komentar:

  1. Bagus mbak.. Makasih info nya.. 👍

    BalasHapus
  2. Casino Games At Kempton - MJH Hub
    Welcome to M&S 창원 출장샵 Digital Gaming, the first to offer live 공주 출장마사지 casino 의왕 출장마사지 games for mobile devices the 성남 출장마사지 gaming studio at Kempton, and the company 포항 출장안마 behind its award-winning

    BalasHapus